Senin, 14 Juni 2010

Cara Shut Down Komputer dengan waktu

Pada Postingan kali ini, saya akan mengajarkan ilmu terapan yang bisa di gunakan pada komputer/PC dengan system operasi windows xp.

Trik ini sangat bermanfaat untuk menjadwalkan waktu shut down komputer ketika sedang melakukan proses download, randering video, convert video dll... yang dalam prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi kalo buru2 mau malam mingguan... heheheh :p... ga lucu khan berantem ma pacar gara2 harus nunggu proses download file yang besarnya 30 MB dan butuh waktu 1/2 jam, padahal janjiannya 10 menit lagi.... so..untuk menghindari hal seperti ini...

langsung saja pada pokok permasalahanya, gimana cara mengatur waktu agar komputer shutdown komputer otomatis.

1. klik start >> Run
2. Masukan perintah "cmd" (tanpa tanda petik) untuk membuka command prompt
3. ketik "shutdown" (tanpa tanda petik) maka akan keluar sintax seperti dibawah ini,

c:\>shutdown [-i | -l | -s | -r | -a ][ -f ] [-m \\computername ] [-t xx] [-c “comment”] [-d up:xx:yy]

Dari sintax tersebut yang kita gunakan adalah -s -f -t xx , dimana -s untuk shutdown, -f untuk memaksa mematikan dan -t xx untuk menentukan waktu yang diinginkan dalam satuan detik. Jadi jika ingin mematikan PC dalam waktu 3 jam kedepan, maka waktu yang di gunakan adalah 3 (jam) x 60 (menit) x 60 (detik) =10800 detik.

4. dengan demikian ketik baris perintah seperti ini, "SHUTDOWN -s -f -t 10800" >> tekan Enter. (10800 adalah waktu dalam detik). maka akan muncul jendela baru dimana waktu akan dihitung mundur.

thecko,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar